Trik Jitu Menabung buat Liburan

Semakin longgarnya aturan pemerintah terkait pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 menjadi angin segar untuk kita semua. Rencana liburan yang sudah tertunda selama ini pun bisa kembali dijadwalkan. Meski tentunya dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan dan syarat perjalanan yang berlaku ya, Sobat Principal!
 
Agar liburan terasa lebih total dan menyenangkan alias tidak dipusingkan oleh soal uang yang ngepas, kamu tentunya harus mempersiapkan dana liburan dengan sebaik-baiknya. Tidak ada salahnya jika kamu pun menyiapkan tabungan khusus untuk liburan dari sekarang! Berikut tips untuk menabung secara efektif dan efisien seperti dilansir dari US News.
 
Buat Anggaran
Ke manapun tujuan liburan kamu, awalilah dengan membuat anggaran biayanya terlebih dahulu. Dari mulai biaya transportasi, penginapan, akomodasi, belanja, tiket masuk tempat wisata, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat dan hitung berapa banyak kira-kira dana yang kamu butuhkan untuk pergi ke destinasi yang diinginkan. Setelah mendapat kisi-kisi jumlah dana yang dibutuhkan, kamu bisa membuka rekening khusus sebagai tabungan liburan. Sisihkan pendapatan kamu setiap bulannya untuk mengisi tabungan liburan tersebut.
 
Gunakan Cashback Kartu Kredit
Menurut Steven Byrd, pakar keuangan dari Greenville, kamu bisa memanfaatkan cashback dari kartu kredit untuk dijadikan dana tambahan liburan. Cashback ini bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan kartu kredit dan konsisten membayar saldo penuh setiap bulannya. Untuk pembelian tiket atau penginapan, kamu juga bisa memanfaatkan diskon yang biasa diberikan oleh kartu kredit melalui aplikasi travel online. Jumlah diskonnya cukup lumayan lho, tapi kamu harus benar-benar jeli untuk mendapatkannya.
 
Hasilkan Uang Tambahan
Jika kamu merasa pendapatan bulanan cenderung ngepas, tapi tetap ingin punya tabungan untuk liburan, hasilkanlah uang tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Lakukan pekerjaan sampingan sesuai dengan bidang kamu kuasai. Jika kamu jago menulis, kamu bisa bekerja sebagai kontributor di media online. Apabila hobi memasak, kamu bisa menjual hasil masakan kamu ke teman-teman di kantor. Apapun bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan asalkan mau berusaha dan mengenyahkan gengsi serta rasa malu!
 
Jangan Boros
Menjauhi sifat boros dan mengurangi pengeluaran merupakan hal yang wajib dilakukan jika Sobat Principal ingin memiliki tabungan untuk liburan. Hilangkan kebiasaan untuk pergi ke restoran mahal setiap weekend, membeli barang-barang tidak berguna, nongkrong sepulang kantor, dan kegiatan berfoya-foya lainnya. Sudah saatnya kamu mengalihkan semua pengeluaran yang biasa digunakan untuk hal-hal tersebut menjadi tabungan untuk liburan. Ingat! Selalu ada hal yang harus dikorbankan jika kamu ingin mendapatkan kesenangan yang maksimal pada akhirnya.
 
Bersikap Konsisten
Konsisten dalam mengatur anggaran untuk liburan merupakan kunci kesuksesan dari perjalanan yang menyenangkan. Pastikan kamu mengatur semua anggaran yang dibutuhkan dengan sungguh-sungguh. Jika kamu memiliki pinjaman wajib, pastikan untuk membayarnya tepat waktu setiap bulannya. Soalnya, pinjaman tersebut akan bertambah bunganya jika tidak dibayar tepat waktu dan bisa mengganggu alokasi dana liburan kamu.
 
Sesuai Kemampuan
Jangan pernah memaksakan diri untuk pergi liburan ke tempat yang cenderung mahal hanya karena kamu melihat orang lain pergi ke sana. Pilihlah destinasi liburan yang memang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan pergi liburan hanya karena termakan gengsi dan pada akhirnya malah membuat kamu tidak bisa menikmatinya. Pastikan kamu memiliki prinsip liburan untuk membahagiakan diri sendiri dan bukan agar dilihat oleh orang lain alias pamer.
 
Berlibur saat Low Season
Liburan saat sedang peak season pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar. Untuk itu, guna menghemat biaya, sebaiknya kamu pergi berlibur saat sedang low season. Di saat ini, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk transportasi dan penginapan. Liburan juga bakal terasa lebih nyaman karena umumnya tempat wisata cenderung sepi saat low season. Selain itu, saat low season diskon yang ditawarkan untuk berbagai destinasi liburan biasanya juga lebih tinggi.
 
Itulah beberapa tips untuk menyiapkan dana liburan supaya bisa healing tanpa bikin dompet jadi pusing! Jadi, Sobat Principal mau liburan ke mana, nih?