Tips Hidup Hemat Elegan Setelah Hari Kemenangan

Diterbitkan pada 18 Mei 2022

Selepas Ramadan dan hari kemenangan, selain momen-momen ibadah, satu hal yang pasti dikangenin adalah: momen di mana kita punya uang berlebih karena gaji dan THR. Bisa dipastikan, rekening para karyawan pun menggendut. Maka tak heran, di bulan ini juga terjadi lonjakan transaksi belanja online (sumber: SnapCart, 2020) karena keinginan untuk membeli banyak barang karena merasa punya uang berlebih makin tak terbendung.

Maka tak heran karena keborosan ini, kita terpaksa harus menjalani hari-hari paska Ramadan dan Idulfitri dengan terseok-seok karena uangnya sudah habis di awal. Padahal, karena gaji dimajuin maka hari pun terasa lebih panjang. 

Nasi sudah menjadi bubur, keborosan dan keimpulsifan sudah terjadi dan Principal tidak akan berpanjang-panjang untuk bikin kamu makin terpuruk. Alih-alih, Principal akan coba memberi tips agar bisa menjalani hidup hingga akhir bulan dengan tetap elegan walau keuangan pas-pasan!

1.  Bawa Bekal
Salah satu hal yang bikin keuangan makin boros adalah keseringan makan di luar, terutama ketika sudah harus WFO. Solusinya adalah: membawa bekal sendiri! Jika biasanya kamu Sobat Principal menghabiskan 30-50ribu sekali makan, coba konversikan uang ini untuk membeli bahan makanan seperti beras, sayur dan protein nabati (baca: tempe/tahu). Lalu masak setiap hari untuk dibawa ke kantor, pasti jadi lebih irit deh. 

2. Healing di Rumah
Say no to weekend hedon! Karena uang menipis, lebih baik habiskan waktu di rumah saja. Banyak kok hal seru yang bisa dilakukan. Mulai dari nonton series, membaca buku yang lama tak tersentuh, atau melakukan hobi yang selama ini terbengkalai karena kesibukan. Cukup sediakan camilan murah meriah untuk menemanimu menghabiskan waktu. Atau lakukan saja kegiatan yang tidak membutuhkan uang banyak tapi sangat menyenangkan: tidur. 

3. Irit Paket Internet
Apalagi kalau di rumah tidak ada wifi, biar tidak perlu membeli paket kuota di akhir bulan, coba gunakan internet dengan sebaik-baiknya ya. Jika mau tidur, sebaiknya matikan mobile data. Tidur lebih pulas, kuota pun awet. 

4. Bikin Kopi Sendiri
Daripada beli es kopi setiap hari, coba deh bikin sendiri. Bikin kopi di botol besar, lalu simpan dalam lemari es. Jadi kamu tidak repot saat ingin menikmati kopi dingin. Membuat kopi sendiri terbukti sangat hemat, dengan budget Rp20ribu, kamu sudah bisa membeli kopi giling berkualitas plus gula pasir yang bisa digunakan untuk membuat kopi hingga 1 bulan!

5. Manfaatkan Promo atau Diskon
Boleh kok jajan, tapi harus cermat memilih promo dan diskon terbaik. Di akhir bulan, banyak kok tawaran menarik yang bisa kamu manfaatkan. Tapi, jangan keseringan juga ya!


Nah, jika kamu sudah berhasil berhemat dan memiliki uang sisa di hari gajian, coba konversikan dana ini jadi investasi ya! Kamu bisa pilih investasi yang sesuai dengan karakter kamu di sini. Eits, siapa bilang investasi itu sulit, coba cek artikel ini ya untuk menemukan inspirasi agar bisa memulai investasi!

Jangan lupa, segera sisihkan juga 20-30% gaji ke dalam tabungan dan investasi. Agar kamu tidak kesusahan lagi di akhir bulan. Simak artikel Principal yang bisa membantumu mengatur keuangan dengan lebih baik dengan metode Living - Saving - Playing di sini!


 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.