Begini Lho Cara Menabung di Usia 20-an!

 Memasuki usia 20-an, Sobat Principal akan menghadapi fase baru sebagai orang dewasa yang dituntut untuk lebih mandiri dalam segala hal, termasuk soal finansial. Apalagi, jika kamu sudah mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri. Sebagai orang dewasa yang sudah berpenghasilan, kamu perlu menabung gaji yang dimiliki agar bisa digunakan pada saat dibutuhkan. Sudah bukan saatnya lagi mengandalkan orangtua, meskipun kamu mungkin memiliki ‘privilege’ itu.  
 
Meski sudah sering mendengar kata ‘menabung’ sejak kecil, hal tersebut mungkin tetap sulit untuk diterapkan bagi sebagian orang. Apalagi, jika kamu memang tidak terbiasa melakukannya. Tetapi, kamu harus tetap berusaha melakukannya, karena tabungan juga bisa menjadi penyelamat kamu jika terjadi sesuatu di masa depan. Berikut beberapa cara mudah dan simpel untuk menabung yang bisa kamu praktikkan seperti dilansir dari liputan6.com.
 
Perhatikan Setiap Pengeluaran
Tidak hanya yang besar, kamu juga perlu memerhatikan setiap pengeluaran dalam jumlah kecil. Ini karena kebanyakan orang cenderung hanya fokus pada pengeluaran yang besar saat ingin menabung. Padahal, pengeluaran kecil juga memiliki pengaruh terhadap jumlah uang yang ingin kamu tabung. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan setiap dana yang dihabiskan sekecil apapun jumlahnya.
 
Berusahalah Menahan Diri
Buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu belanjakan! Lalu, bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Cara ini cukup efektif untuk membantu kamu menahan diri dalam membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan uangnya untuk menabung. Berusahalah tidak membeli barang hanya karena ingin ‘pamer’ atau dilihat oleh banyak orang. Tanamkan dalam diri kamu bahwa penilaian orang tidak akan bisa memenuhi biaya hidup yang kamu butuhkan. Namun, justru bisa bikin kamu semakin terperosok karena hanya memuaskan gaya hidup.
 
Alokasikan Dana dengan Tepat
Kamu tentu saja boleh menikmati uang yang kamu hasilkan dari bekerja. Tetapi, tetaplah ingat untuk menabung! Kamu bisa melakukannya dengan langsung membagi kebutuhan danamu menjadi 3, yaitu hidup, keinginan, dan tabungan. Contohnya, kamu bisa mengalokasikan 50 persen dari penghasilan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti biaya makan, transportasi, membayar tagihan listrik, asuransi, dan lainnya. Sementara, 30 persen bisa digunakan untuk memenuhi keinginan, seperti menonton bioskop, jalan-jalan, belanja, rekreasi, dan lainnya. Sisanya sebanyak 20 persen secara konsisten langsung kamu sisihkan untuk menabung. Dana tabungan ini sebaiknya langsung kamu pisahkan sebelum terpakai untuk yang lain, ya!
 
Pisahkan Rekening
Menabung dalam satu rekening yang sama dengan gaji bulanan sangatlah tidak disarankan. Ini karena kamu bisa dengan mudah menggunakannya dengan alasan bisa diganti bulan depan dan akan terus berulang. Bukalah rekening khusus untuk menyimpan uang tabunganmu! Supaya tabungan tersebut lebih aman, pilihlah yang tidak menggunakan kartu debit atau ATM. Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk menggunakan uang yang ada di dalam tabungan tersebut. Jika kamu merasa lebih nyaman dengan tetap membuat kartu debit atau ATM, pastikan tidak membawa kartunya dalam dompet agar kamu tidak leluasa menggunakannya. Simpan kartu debit atau ATM itu di rumah, di tempat yang tersembunyi.
 
Ubah Menjadi Aset atau Investasi
Apabila kamu merupakan tipe yang tidak mampu melihat uang, kamu bisa mengubah tabunganmu dalam bentuk aset riil dan investasi, seperti emas atau reksadana. Saat ini, ada banyak sekali produk investasi yang bisa kamu pilih. Banyak di antaranya juga sudah bisa didapat dengan ratusan ribu, tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Dengan mengubah uang menjadi aset riil, kamu pun akan kesulitan menggunakan tabungan untuk hal-hal yang tidak penting. Selain itu, investasi merupakan salah satu cara menjaga masa depan lho! Sebelum mulai, coba yuk cek do’s and don’ts berinvestasi di sini!
 
 
Itulah beberapa cara menabung yang bisa kamu terapkan. Tentunya hal ini akan berhasil jika kamu melakukannya secara disiplin dan konsisten. Ingat! Memiliki tabungan bisa membantu jika suatu hari kamu membutuhkan dana yang mendesak, tanpa perlu merepotkan orang lain alias sibuk pinjam sana-sini. Yuk, bisa yuk semangat menabung mumpung masih muda! Semangat!