""

Selain memiliki rumah sendiri, membeli mobil juga menjadi target utama kebanyakan para pekerja pada saat ini. Apakah Sobat Principal termasuk salah satunya? Ada banyak pertimbangan untuk membeli mobil, salah satunya mempersingkat waktu perjalanan. Apalagi, bagi mereka yang berdomisili di kota besar. Namun, mungkinkah kamu membeli mobil jika gaji per bulan masih di bawah 5 juta. Jawabannya adalah sangat mungkin. Mau tahu caranya? Berikut penjelasannya! 

Putuskan dengan Bijak
Dilansir dari detik.com, Andi Nugroho, perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, mengatakan, sebelum memutuskan membeli mobil, kamu harus memastikan bahwa kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik. Selain itu, dengan gaji di bawah 5 juta, Sobat Principal juga harus menerima bahwa pilihan mobil yang dapat dimiliki tidak banyak dan mungkin hanya berada di segmen LGCC saja. Dengan begitu, pengeluaran bulanan yang akan digunakan untuk membayar cicilan mobil masih terjangkau dan tidak terlalu memberatkan.

Tabung Penghasilan
Untuk bisa membeli mobil, pastikan kamu sudah menabung terlebih dahulu. Tujuannya bukan agar memiliki uang untuk membeli mobil secara tunai, tetapi guna mengumpulkan uang muka. Hal ini penting supaya beban angsuran saat kamu membeli mobil tidak terlalu berat, karena sudah membayarkan uang muka dalam jumlah cukup besar. Berusahalah untuk langsung mengalokasikan sejumlah dana sebagai tabungan uang muka mobil begitu menerima gaji. Besarannya setidaknya 25 persen dari gaji, jadi Rp 5.000.000 x 25% = Rp 1.250.000. Dalam setahun, kamu pun bisa mengumpulkan Rp 15.000.000 dan dalam 3 tahun Rp 45.000.000 sudah dimiliki sebagai uang muka mobil.

Sesuaikan Budget
Supaya tidak terlalu memberatkan, kamu bisa membeli mobil bekas dengan kondisi bagus dari dealer terpercaya. Pilihlah dealer yang memberikan harga terbaik dengan cicilan dan uang muka sesuai dengan budget yang Sobat Principal miliki. Para dealer ini juga sering memberikan promo cashback lho, yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi kamu. Dan, untuk mendapatkan harga mobil bekas yang jauh lebih bersahabat, kamu juga bisa membelinya dari saudara maupun teman terdekat.

Lakukan Pekerjaan Sampingan
Untuk membantu memenuhi cicilan mobil yang harus dibayarkan setiap bulannya, kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan. Menjadikan mobil sebagai taksi online mungkin agak sulit, mengingat usia kendaraan maksimal yang boleh didaftarkan adalah 5 tahun. Ini mungkin agar berat jika kamu membeli mobil bekas dengan budget terbatas. Namun, kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi, seperti menjadi fotografer pre-wedding jika hobi memotret atau berjualan makanan apabila suka memasak dan lainnya.

Pilih Kredit Melalui Bank
Dilansir dari Liputan6.com, Sobat Principal bisa mendapatkan cicilan dengan suku bunga lebih rendah jika melakukan kredit kendaraan di bank dibandingkan dengan di perusahaan leasing. Inilah yang kemudian juga membuat banyak orang tertarik untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor di bank. Dengan suku bunga lebih rendah, cicilan yang harus dibayarkan tentu menjadi lebih ringan. Selain itu, saat melakukan kredit kendaraan bermotor di bank, kamu juga memiliki pilihan untuk melunasi sebagian utang pokok agar sisa tagihan terasa lebih ringan. Saat memilih untuk melunasi sebagai utang pokok, kamu memang tetap akan dikenakan sejumlah bunga, namun jumlahnya tidak terlalu besar dan masih terjangkau.

Investasi sebelum Membeli Mobil
Selain menabung dan membeli mobil lewat cara kredit, Sobat Principal juga bisa menggunakan instrumen investasi untuk mengumpulkan dana dan membeli mobil. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan memilih jangka waktu investasi. Tentunya, karena jangka waktunya sebentar, Sobat Principal harus memilih investasi yang menawarkan imbal yang tinggi dengan tingkat risiko menengah.