Tips Jadi Inspirator Investasi!

Diterbitkan pada 24 Mei 2022 

Hari raya seringkali dikaitkan dengan acara kumpul-kumpul bareng keluarga besar yang mungkin hanya ditemui di momen-momen spesial saja. Apalagi sudah 2 tahun, kita tidak bisa merayakan hari kemenangan ini dengan normal, karena pandemi yang mengharuskan kita untuk bersilaturahmi secara virtual saja. Tahun ini, pemerintah telah mencabut larangan mudik dan masyarakat bisa bertemu kembali dengan keluarganya seperti sedia kala. 

Momen pertemuan ini bukan saja dipenuhi dengan berbagai pertanyaan seperti, “kapan nikah?” atau “kapan wisuda?” atau mungkin, “kapan naik haji?” tapi juga momen di mana anak-anak mendapat rezeki nomplok lewat kegiatan, “salam tempel”

Bukan hanya anak-anak kecil yang menerima salam tempel, terkadang mereka yang sudah dewasa namun belum menikah juga kerap mendapat rezeki nomplok ini, walau hanya sekadar lucu-lucuan. Lantas, dihabiskan untuk apa saja sih biasanya salam tempel ini? Coba cek daftar yang berhasil Principal rangkum dari berbagai sumber ini ya!

1. Mainan
Bukan hanya anak kecil yang punya craving sama mainan, banyak orang dewasa yang masih suka membeli mainan. Malah, seringkali barang yang mereka beli itu lebih mahal dibanding mainan anak-anak. Ada yang begini?

2. Makanan
Salah satu pos pengeluaran terbesar: makanan. Karena banyak yang menganggap makanan itu sumber kebahagiaan, jadi mereka tidak ragu untuk mengeluarkan banyak uang demi memenuhi hasrat perut mereka. Boleh kok, asal tidak berlebihan ya!


3. Benda Koleksi
Mirip-mirip sama mainan, cuma kadang barang-barang koleksi, terutama yang rare itu, harganya mahal banget! Makanya, biasanya orang-orang non crazy rich harus terlebih dahulu menabung demi bisa membeli barang-barang ini. Dan dana salam tempel ini bisa jadi suntikan dana untuk menambah budget mereka. 

4. Check Out Keranjang Belanja
Atas nama self reward, mentang-mentang habis dapat salam tempel, langsung deh check out semua barang di cart yang tadinya hanya bisa dipandangi sambil ngelus-ngelus layar handphone. Again, tidak dilarang selama tidak berlebihan.

Tidak salah sih, menghabiskan salam tempel yang didapat untuk hal-hal seru tadi. Tapi ternyata, sebenarnya kamu bisa menjadikan salam tempel ini lebih bermanfaat dengan cara diinvestasikan untuk masa depan! Bayangin, ketika kamu membeli reksa dana (atau instrumen investasi lain pilihan kamu), uang salam tempelmu boleh jadi akan bertumbuh dan bisa memberikan keamanan finansial di masa depan.


Iya kan?

Makanya, tahun ini, yuk coba mulai belajar investasi sedikit demi sedikit, supaya kelak bisa menginspirasi yang lain untuk berinvestasi juga. Coba alihkan uang salam tempel kamu untuk membeli reksa dana syariah dengan track record yang baik, lalu lihat seberapa banyak uangmu berkembang. Kamu bisa memilih reksa dana syariah di sini.

Setelah kamu memahami pentingnya investasi, jangan lupa juga untuk mendorong keluarga terdekat untuk mulai investasi juga. Mungkin masih ada yang belum tahu, bahwa pembelian reksa dana bisa dilakukan mulai dari Rp100,000. Biar tidak bingung bagaimana caranya bisa menginspirasi yang lain, coba cek langkah-langkah berikut ini ya!

Beri Contoh
Biar nggak sekadar omdo alias omong doang, kamu juga harus menunjukan semangat berinvestasi ya. Tunjukan pada mereka bahwa investasi itu bukan hal yang susah, bahkan sebaliknya, sangat mudah karena sekarang ada banyak platform yang bisa memberikan kemudahan membeli reksa dana, seperti Principal. 

Share Cerita Sukses
Everybody loves a success story, karena itu bisa membuat mereka lebih semangat mengejar mimpinya. Pun dengan investasi, walau tidak menjamin untung 100% (namanya investasi, pasti ada risikonya masing-masing) tapi paling tidak, asetmu bakal berkembang. Ceritakan bagaimana uangmu bertumbuh dari waktu ke waktu, sebagai ‘bukti’ bahwa investasi itu baik. Hindari sugar coating atau mimpi yang terlalu muluk dan ingatkan mereka soal risiko yang bisa terjadi.

Waspada Investasi Bodong
Sedih rasanya ketika kita sudah paham banget investasi, tapi ada orang sekitar yang masih tertipu investasi bodong. Makanya, penting sekali untuk kita yang sudah lebih melek soal investasi ini, mengingatkan orang terdekat untuk tidak mudah termakan bujuk rayu investasi bodong. Ingatkan mereka, selalu ada risiko dalam investasi, dan jika ada yang menawarkan imbal hasil lebih dari 30% dalam waktu singkat, lebih baik dihindari. Lalu, arahkan mereka untuk menemukan ragam investasi terbaik yang ada di Principal juga ya!

Encourage Mereka untuk Mulai Investasi Sekarang
Terakhir, tapi tidak kalah penting. Ingatkan mereka bahwa sebaik-baiknya investasi adalah yang dilakukan sekarang dan tanpa ditunda. Karena semakin dini dimulai, maka keuntungannya mungkin bisa jadi lebih besar karena jangka waktunya jadi lebih lama. 

Nah, sudah siapkah kamu untuk jadi penebar inspirasi berinvestasi? Karena investasi itu bisa menjaga masa depan kita dan bikin kita selangkah lebih dekat dengan mimpi untuk memiliki kebebasan finansial. Semangat!
 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.