Diterbitkan pada 23 Apr 2021 


Literasi keuangan alias melek finansial adalah kecerdasan soal keuangan yang bisa bikin hidup jadi lebih sejahtera. Sayangnya, literasi keuangan belum jadi literasi yang dikuasai sepenuhnya oleh masyarakat, ini tentu membuat tingkat literasi keuangan Indonesia, masih belum mencapai 50% (dilansir dari Data Survei OJK, 2020). Padahal, memiliki literasi keuangan yang baik itu bisa membantu kita mengatur keuangan agar bisa hidup nyaman.

Ada tiga dasar literasi keuangan yang harus Sobat Principal pelajari. Dilansir dari Investopedia, ketiganya bersifat fundamental dan wajib banget dikuasai, serta punya manfaat penting untuk bantu kamu mengelola keuangan agar kondisi keuangan jadi tidak terbatas. 

Berikut adalah tiga literasi keuangan penting yang harus kamu pelajari:

1.    Pintar Mencari Uang
Sering dengar ungkapan ini dong? Hal penting yang memang harus jadi skill utama seseorang yang ingin hidup nyaman dan memenuhi kebutuhannya. Tapi tahukah Sobat Principal, untuk bisa menghasilkan uang, Sobat Principal harus terlebih dahulu memiliki skill lain yang tak kalah mumpuni, dan akhirnya bisa membuat kamu dibayar tinggi atas skill tersebut. Setelah memiliki skill khusus yang memungkinkan Sobat Principal dibayar tinggi, kamu juga harus jeli melihat peluang yang ada. Jangan lupa, terus belajar untuk meningkatkan skill kamu, agar value diri menjadi semakin tinggi dan semakin tinggi juga bayaran yang akan didapatkan

2.    Jago Investasi
Selain menabung, berinvestasi juga penting untuk menjaga masa depan. Jika Sobat Principal jago menentukan instrumen investasi yang paling ok, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan hasil terbaik juga. Bagaimana cara jadi jagoan investasi? Tentunya dengan rajin mencari tahu, instrumen investasi yang paling cocok dengan kondisi keuangan (ingat ya, jangan memaksakan diri untuk berinvestasi!), sering-seringlah bertanya pada teman yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia investasi, cari tahu apa yang berhasil dan apa yang harus dihindari. Atau, Sobat Principal bisa mencari informasi soal investasi di website-website yang memang membahas dan akan membantu orang menemukan instrumen investasi terbaik, seperti website ini. 

3.    Cermat Membelanjakan Uang
Iya, benar sekali. Tidak hanya harus jago mencarinya, tapi Sobat Principal juga harus cermat saat membelanjakan uang. Pastikan kamu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang memang dibutuhkan, dan mungkin bisa membantu Sobat Principal bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi. Seperti berinvestasi untuk pendidikan (kursus atau sekolah pendek). Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah, mencatat pengeluaran dengan sejujur-jujurnya agar Sobat Principal bisa menghitung kembali kebutuhan yang harus dikeluarkan tiap bulan dan menghindari ke-BM-an yang kadang bikin gaji defisit. Mencatat pengeluaran ini juga merupakan salah satu skill penting yang harus dikuasai untuk bisa memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi, lho!

Setelah memiliki tiga dasar literasi keuangan tadi, bisa dipastikan persoalan finansial Sobat Principal akan lebih terukur dan lebih jelas. Kamu juga akan mampu memilih produk dan layanan keuangan yang benar-benar sesuai kebutuhan, memiliki perencanaan keuangan yang baik, akan terhindar dari aktivitas investasi bodong alias investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas dan tidak sesuai dengan profil dan mampu memahami manfaat dan risiko produk dan layanan keuangan yang akan diambil. 

Jadi, literasi keuangan itu amat sangat penting. Dan untuk memulainya, Sobat Principal bisa memulai dengan tiga hal dasar tadi: mencari uang, jago berinvestasi dan mengatur keuangan dengan baik. Siap belajar lebih jauh soal literasi keuangan? Stay tuned ya!


 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.