Yuk, Ajari Anak Menabung Sejak Dini!

Saat ini, ada banyak sekali orang yang mengaku kesulitan untuk menabung. Alasannya sangat beragam, dari keharusan untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai terlalu terlena untuk memuaskan keinginan hingga lupa menabung. Selain itu, alasan seseorang tidak terbiasa menabung juga karena tidak pernah diajarkan untuk melakukannya sejak kecil.
 
Hal tersebut tentunya sangat disayangkan! Mengingat menabung sejak dini dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi anak-anak, salah satunya mengajari mereka untuk menggunakan uang dengan bijak. Jadi, sebaiknya ajari anak-anak Sobat Principal untuk menabung sejak kecil, ya! Nah, jelang Hari Anak Nasional di 23 Juli nanti, tidak ada salahnya kalau kita juga membahas beberapa alasan mengenai betapa pentingnya mengajari anak-anak menabung sejak dini seperti dilansir dari detik.com.
 
Melatih Kesabaran
Yup! Mengajari anak menabung sejak dini bisa melatih kesabarannya. Saat mulai mengajari anak menabung, Sobat Principal dapat membimbingnya untuk menyimpan uang yang dimiliki demi tujuan tertentu. Misalnya, anak harus menabung supaya bisa membeli mainan atau baju baru. Dengan begitu, ia akan terlatih untuk bersabar dan berusaha mewujudkan keinginannya secara konsisten. Tidak akan ada teriakan-teriakan dan kemarahan yang ditunjukkan demi mendapatkan sesuatu yang ia inginkan.
 
Lebih Menghargai Uang
Dengan membiasakan menabung, secara tidak langsung Sobat Principal akan mengajari anak untuk menghargai uang yang ia miliki. Ia pun akan belajar untuk tidak menghamburkan uang seenaknya. Anak juga akan memahami bahwa dengan menabung, ia bisa mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Lalu, saat uangnya sudah terkumpul, ia akan memikirkan lebih matang lagi apakah keinginannya tersebut penting untuk dipenuhi atau tidak. Memiliki tabungan sendiri akan membuat anak menyadari adanya usaha keras yang dilakukan untuk mengumpulkan uang dan menjadi lebih bijak dalam menggunakannya.

Menjadi Disiplin
Manfaat menabung sejak dini lainnya adalah mengajari anak untuk disiplin dalam menyisihkan uang yang ia miliki. Namun, Sobat Principal tidak perlu menuntut jumlah tabungan tertentu yang harus diraih anak dalam jangka waktu tertentu, ya! Biarkan ia menabung secara nyaman, sesuai dengan kemampuannya sendiri. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menyemangati anak agar bisa menabung secara konsisten. Jangan lupa berikan reward atau hadiah apabila ia berhasil menabung secara konsisten, agar lebih semangat lagi melakukannya di kemudian hari.
 
Memahami Pentingnya Dana Darurat
Menabung sejak dini ternyata bisa mengajari anak tentang pentingnya menyisihkan uang untuk dana darurat, lho. Jadi, ia tidak hanya berpikir bahwa menabung bisa membuatnya membeli sesuatu yang diinginkan, tetapi juga membantunya untuk mengatasi hal yang tidak terduga. Jika untuk orang dewasa, mempersiapkan dana darurat dibutuhkan untuk menghadapi kondisi seperti PHK, bagi anak uang tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki sepeda atau mainan yang rusak. Berikanlah pemahaman mengenai dana darurat ini dengan cara yang mudah dimengerti.
 
Belajar Membuat Keputusan
Dengan menabung, anak juga dapat belajar untuk membuat keputusan yang bijak. Contohnya, saat ia akan menentukan uang yang ditabung ingin digunakan untuk apa. Secara alami, ia akan mempertimbangkan untuk membeli sesuatu yang inginkan atau butuhkan. Apabila, ia tampak sangat kesulitan, Sobat Principal bisa membantu mengarahkan untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangkan plus dan minus dari sesuatu yang ia inginkan. Dengan begitu, ia dapat lebih mudah memahami mana yang harus didahulukan dan mana yang sifatnya tidak terlalu penting.
 
Memberi Motivasi
Cobalah ajak anak untuk membuka tabungan khusus di bank setelah ia menabung cukup lama di celengan. Dengan memiliki buku tabungan, ia akan lebih termotivasi untuk lebih semangat mengumpulkan uang agar bisa ditabung. Sobat Principal bisa membantu anak untuk mendapatkan uang tambahan dengan memintanya melakukan pekerjaan rumah. Dengan begitu, ia akan tumbuh menjadi anak yang sangat menghargai uang dan memiliki motivasi tinggi untuk terus menabung.
 
Yuk, bantu anak untuk bisa menabung sejak dini agar memiliki kondisi finansial yang baik di masa depan! Kalau bukan kita yang memberi kesadaran untuk menabung, siapa lagi? Selamat Hari Anak Nasional!