Rahasia Sukses Bebas Finansial di Usia Muda

Diterbitkan pada 7 Sep 2021 

Saat ini, semakin banyak orang yang telah mencapai kebebasan finansial di usia muda dengan memulai bisnis atau berusaha mencapai posisi puncak dalam sebuah perusahaan. Kebebasan finansial merupakan kemampuan menghasilkan cukup uang untuk ditabung, diinvestasikan, dan menggunakannya dengan nyaman tanpa beban.

Setiap orang tentunya ingin mencapai kebebasan finansial, agar bisa menjalankan kehidupan yang lebih menyenangkan dan nyaman dari segi keuangan. Tetapi perlu diketahui bahwa untuk mencapai kebebasan finansial ini, dibutuhkan investasi yang cerdas, kesabaran, dan penghematan uang dalam prosesnya. 

Dilansir dari Liputan6.com, dalam 5 tahun terakhir telah muncul lebih banyak jutawan muda dibandingkan periode sebelumnya. Kesuksesan mereka dalam mencapai kebebasan finansial juga sering dikaitkan dengan popularitas yang didapat melalui internet atau sumber daya yang tersedia di online. Namun, sesungguhnya ada 4 hal dasar yang menjadi rahasia untuk dapat mencapai kebebasan finansial di usia muda. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari lifehack.org.

Manajemen Keuangan
Kemampuan mengelola keuangan, belajar menabung dengan tepat, dan membiarkan uang yang bekerja merupakan hal yang harus Sobat Principal miliki untuk bisa mencapai kebebasan finansial di usia muda. Para ahli finansial menyebutkan bahwa memiliki kebiasaan belanja yang tidak terkendali membuat kamu menjadi lebih buruk dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki banyak penghasilan. Pahamilah bahwa menabung adalah salah satu langkah penting untuk menuju kebebasan finansial.

Kenali kebiasaan belanja Sobat Principal dan mulailah untuk mengendalikan pengeluaran, belajar menabung, dan membuat anggaran secara terperinci. Pastikan kamu mengetahui dengan pasti apa yang menjadi prioritas dan apa yang bisa dilakukan untuk berinvestasi guna memperkaya tabungan kamu. Cobalah untuk menelaah di area mana uang kamu harus dibelanjakan agar bisa menghasilkan keuntungan. Contohnya, ada orang yang membelanjakan uang untuk bisnis karena ia paham bahwa dalam jangka panjang hal itu dapat memberikan keuntungan dan membuatnya sukses.

Pilihan Karier yang Tepat
Untuk dapat meraih kebebasan finansial, Sobat Principal harus mencintai apa yang dilakukan dan menghasilkan cukup uang dari sana. Hal ini berlaku saat kamu memilih untuk berkarier di sebuah perusahaan ataupun ingin memulai bisnis sendiri. Luangkanlah waktu untuk mengenali pekerjaan atau bidang yang kamu benar-benar kamu sukai, memahami kekuatan yang dimiliki untuk memaksimalkan bidang tersebut, dan meneliti pasar yang sedang berkembang jika kamu ingin berbisnis. Dengan begitu, kamu dapat menjadi aset yang berharga saat bekerja di perusahaan ataupun saat menjalankan bisnis sendiri.    

Tentukan Tujuan
Dengan memiliki tujuan, kamu tidak akan pernah tersesat! Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, kamu pun harus membuat rencana yang jelas dan terperinci untuk mewujudkannya. Pastikan Sobat Principal juga memiliki tujuan-tujuan kecil yang jika digabungkan dapat membantu mencapai target yang lebih tinggi. Dengan memiliki tujuan yang lebih kecil, kamu pun akan semakin termotivasi untuk membuat target yang lebih hebat saat hal itu tercapai. Pastikan kamu juga menetapkan batas waktu mengenai kapan tujuan itu harus tercapai. Ketahui pula apakah kamu harus membangun kerja sama dengan orang lain dalam mewujudkannya. 

Bangun Relasi
Membangun relasi dengan orang-orang yang dapat membantu mengembangkan karier atau bisnis kamu juga menjadi dasar untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda. Kabar baiknya, di masa sekarang ini, kamu bisa menghubungi sumber daya potensial yang dapat dijadikan relasi secara online. Kamu bisa menggunakan mesin pencarian Google untuk menemukan blogger, perusahaan, maupun agensi pemasaran yang dapat membantu mengembangkan bisnis kamu. 

Jangan ragu pula untuk menghubungi orang-orang yang dirasa dapat membantu mengembangkan potensi kamu dan membangun relasi dengan mereka. Ajaklah mereka untuk berdiskusi dan minta saran dari orang-orang yang lebih berpengalaman mengenai cara untuk mengembangkan bisnis atau karier, supaya kamu bisa lebih dekat dengan tujuan kebebasan finansial di usia muda.

Berinvestasi
Salah satu cara agar bisa mendapat kebebasan finansial adalah dengan memiliki passive income, dan salah satu cara untuk memilikinya adalah dengan berinvestasi. Sobat Principal bisa memilih instrumen yang dirasa tepat untuk berinvestasi. Tepat secara risiko dan tepat secara dana, karena kini berinvestasi bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah. Seperti di Principal, yang memiliki beragam reksa dana untuk kamu pilih. Biar lebih aman dan nyaman, bekali dulu dengan ilmu investasi yang baik agar tidak sekadar ikutan tren tanpa memikirkan risikonya. 

 


 

Dapatkan panduan lengkap tentang serba-serbi ibadah haji langsung ke email kamu!

Dapatkan informasi haji terkini langsung ke email kamu.

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.