Diterbitkan pada 22 Apr 2021 

Bulan Ramadan bulan yang penuh berkah serta kebaikan, seringkali dijadikan turning point para umat muslim agar bisa lebih mengatur keuangan mereka. Mulai dari mengatur pengeluaran untuk berburu takjil, mengatur jumlah menu berbuka puasa dan sahur, sampai berinvestasi loh Sobat Principal!

Loh kok berinvestasi? Iya, karena selain sedekah dan juga membayar zakat fitrah nanti, ada beberapa pos pengeluaran yang justru malah bisa dijadikan ladang investasi yang menguntungkan. Coba yuk simak beberapa investasi yang menguntungkan dan tepat banget kamu jalankan di bulan Ramadan ini!

Reksadana Syariah
Ini adalah jenis investasi dimana keseluruhan prosesnya sudah pasti memenuhi syarat halal dan juga menerapkan prinsip-prinsip Islam, jadi nggak ada keraguan apalagi kekhawatiran ya Sobat Principal. 

Lalu, menanamkan dana kamu di reksadana syariah pun dapat dimulai dari nominal kecil, yaitu Rp100.000-an saja loh Sobat Principal! Memangkas anggaran takjil yang seringkali malah mubazir karena lapar mata dan dibeli terlalu banyak, jadi bisa banget disisihkan untuk investasi ini kan? 

Jangka waktu reksadana syariah ini cukup lama nih Sobat Principal, tenor yang tercepat yaitu mulai dari 1 tahun, lalu yang terlama bisa lebih dari 5 tahun. Jadi bisa nggak terasa kan?

Investasi Emas
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, Emas dianggap menjadi salah satu investasi yang paling aman dan paling banyak dipilih. Ingat nggak bagaimana dulu Nenek kita mewariskan Emas miliknya ke Ibu kita, yang lantas diwariskan lagi ke kita? Tradisi turun temurun ini dilakukan karena salah satu alasannya adalah, bahwa harga Emas dipercaya akan terus naik dan apabila sewaktu-waktu kita butuh dana, Emas yang dimiliki bisa dengan mudahnya dijual. 

Tapi yang perlu diingat, bahwa hal ini kembali lagi kepada sudah berapa lama sih Emas yang kamu beli dan miliki ini? Karena hal ini berpengaruh dengan adanya inflasi harga yang terjadi di setiap tahunnya. 

Pilihan untuk kamu berinvestasi Emas kini sudah banyak banget nih, Sobat Principal. Beberapa e-commerce dan beberapa platform Emas digital juga sudah menawarkan investasi ini dengan harga beli yang bervariasi. Ada yang mulai dari Rp5.000-an, Rp10.000-an bahkan Rp50.000-an pun juga ada. Wah, jadi makin tertarik untuk lekas berinvestasi Emas dengan harga murah nggak sih, Sobat Principal?

Tabungan Berjangka
Tabungan yang satu ini berbeda dengan tabungan konvensional pada umumnya nih Sobat Principal. Salah satu perbedaan yang signifikan adalah, tabungan ini memiliki bunga yang lebih besar. 

Seberapa besar sih perbedaannya? Kalau biasanya tabungan konvensional cuma memberikan kamu bunga sebesar 1% saja, di tabungan berjangka bunga yang kamu dapatkan bisa mencapai sebesar 4,50% per tahunnya! Lumayan banget kan, Sobat Principal?

Kebayang nggak, hasil menghemat pengeluaran makan siang selama bulan Ramadan bisa kamu alokasikan untuk ditabung, dan tabungan kamu akan bertambah dan makin menguntungkan loh! Siap-siap jadi sultan banget nggak sih pas di hari kemenangan nanti?

Peer-To-Peer Lending
Yang lagi hits banget beberapa tahun terakhir ini adalah pendanaan pada peer-to-peer lending, dan bisa dimulai dari nominal Rp100.000,- 

Tapi sebenarnya peer-to-peer lending ini apa sih? Secara sederhananya nih Sobat Principal, peer-to-peer lending akan mempertemukan pihak pemilik dana dengan orang yang mau meminjam dana. 

Role play-nya begini, kamu sebagai investor akan mendapatkan imbal hasil berupa bunga yang dibayarkan secara berkala oleh pihak peminjam dana yang kamu miliki. Imbal hasil per tahun yang bisa kamu hasilkan di investasi ini rata-rata sebesar 21,32%

Sebelum kamu mencoba berinvestasi di peer-to-peer lending ini, pastikan bahwa platform yang akan kamu coba sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ya Sobat Principal.

Investasi Sukuk Ritel
Investasi yang satu ini merupakan salah satu obligasi dimana kamu harus membeli surat utang negara. Eits, jangan khawatir dulu Sobat Principal, sukuk ritel yang ini sudah menggunakan sistem syariah kok. 

Dilansir dari kompas.com pemerintah kita sudah membuka masa penawaran untuk sukuk ritel seri SR014 pada bulan Februari 2021 lalu. Besaran nilai kupon yang ditawarkan adalah sebesar 5,47% dengan jangka waktu selama 3 tahun. 

Sukuk ritel SR014 kali ini bisa dibeli oleh investor dengan nilai mulai dari 1 juta rupiah hingga 3 miliar rupiah. Cara hitung imbal hasilnya bagaimana? Jika kamu seorang investor membeli SR014 sebesar 1 juta rupiah, maka imbal hasil yang akan didapatkan adalah sebesar Rp54.700,- dalam 1 tahun.

Wah, ternyata macam investasi yang bisa kamu lakukan di bulan penuh berkah dan kebaikan ini cukup banyak pilihannya ya Sobat Principal. Kira-kira kamu sudah memutuskan belum mau coba investasi yang mana? Apa pun pilihan investasi kamu, pastikan investasinya aman dan sudah terdaftar di OJK ya. Semoga ibadah puasa di bulan Ramadan ini tetap amanah dan membuat kamu semangat terus ya, Sobat Principal!
 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.