Naik Haji Pasti Mampu

Diterbitkan pada 10 Feb 2022 

Menyempurnakan ibadah dengan menunaikan haji ke tanah suci tentu menjadi keinginan setiap umat muslim. Apakah Sobat Principal juga memiliki keinginan tersebut? Ibadah haji sendiri memang diwajibkan bagi yang mampu. Namun, jika belum mampu, haruskah kita hanya diam menunggu? Jawabannya adalah tidak!
 
Sebagai umat muslim, kita juga harus berusaha memampukan diri untuk bisa berhaji. Sudah saatnya kita memantapkan hati untuk bisa pergi ke tanah suci dan lebih mendekatkan diri pada Sang Maha Pemberi. Pergi berhaji pun pastinya akan memberikan pengalaman spiritual yang tidak terlupakan. Bagaimana cara untuk memampukan diri agar bisa berhaji? Berikut tipsnya seperti dilansir dari fimela.com.
 
Teguhkan Niat
Menunaikan ibadah haji seharusnya bukan hanya sekadar keinginan saja, tetapi harus dibarengi dengan niat. Teguhkan niat kamu untuk bisa naik haji dan lakukanlah sesuatu untuk dapat mewujudkannya. Periode persiapan keberangkatan haji sendiri bisa mencapai 10-15 tahun, jadi kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkannya. Mulailah dengan menyisihkan dana untuk pergi berhaji secara konsisten setiap bulannya.

Sisihkan Uang ‘Jajan’ untuk Mengumpulkan Dana Berhaji
Coba dicek lagi deh, dalam sehari berapa uang yang kita habiskan untuk jajan camilan atau es kopi? Jika sehari Sobat Principal menghabiskan Rp30ribu untuk itu, dalam seminggu (Rp30ribu x 4) sudah terkumpul Rp120ribu lho! Ini menunjukan bahwa sesungguhnya kita tuh mampu untuk mengumpulkan uang untuk bisa menjadi Haji Muda. Tinggal cari cara untuk menyimpan dana tersebut. 
 
Buka Tabungan atau Berinvestasi Syariah
Kamu ingin semakin memampukan diri untuk segera berhaji? Kamu bisa mulai membuka tabungan haji yang sudah banyak ditawarkan oleh berbagai bank. Biasanya, tabungan ini dijalankan dengan akad mudharabah muthlaqah dan dilakukan secara berjangka melalui sistem setoran rutin bulanan.
 
Selain itu, kamu juga bisa memilih investasi syariah untuk mengumpulkan dana haji. Jika kamu berinvestasi secara konsisten, menunaikan ibadah haji sesegera mungkin pun pasti bisa terwujud. Kamu juga bisa membaca lebih banyak artikel tentang investasi Syariah untuk membantu cita-citamu ke Tanah Suci melalui artikel-artikel di Principal. Klik di sini, ya. 
 
Pelajari Tata Cara Haji
Tidak hanya soal finansial, memampukan diri untuk ke tanah suci juga harus dilengkapi dengan mempelajari lebih dalam tentang tata cara haji. Semua informasi mengenai tata cara berhaji bisa kamu dapatkan secara lengkap melalui internet, agen perjalanan haji, orang terdekat yang sudah pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya, atau bergabung dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Percayalah, semakin cepat kamu mempelajari dan memahaminya, semakin kuat pula dorongan dan niat kamu untuk memampukan diri ke tanah suci.

Lakukan Persiapan Fisik
Kamu pasti sudah memahami dengan baik bahwa seluruh kegiatan saat beribadah haji membutuhkan kondisi fisik yang sangat bugar. Untuk itu, pastikan kamu memiliki fisik yang prima saat berangkat ke sana. Mulailah dengan berolahraga secara teratur, seperti melakukan jalan cepat, jogging, atau bersepeda. Kamu juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik dan rutin minum suplemen seperti vitamin C, vitamin D, dan zinc.

Cek Kesehatan Secara  Menyeluruh
Kamu juga perlu melakukan cek kesehatan secara menyeluruh sebelum berhaji. Apabila memiliki keluhan tertentu, segera konsultasikan dengan dokter supaya bisa ditangani sejak dini, sehingga pada saatnya nanti, kamu bisa pergi ke tanah suci dalam kondisi prima. Jangan pernah menyepelekan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh ini, karena pergi ke tanah suci dalam kondisi tidak prima dapat mengganggu jalannya ibadah kamu.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk memampukan diri dalam berhaji. Sudah siap untuk melakukannya? Sampai ketemu di tanah suci.