Gaji Pas-Pasan, Bisa Naik Haji?

Dapat menunaikan ibadah haji tentunya merupakan anugerah yang luar biasa bagi semua umat islam. Tetapi, menjalankan rukun islam kelima ini butuh persiapan yang sangat matang. Tidak hanya persiapan mental dan fisik saja, tetapi juga kesiapan finansial karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Apalagi, biaya untuk naik haji diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. 
 
Untuk itu, wajar jika kebanyakan orang yang dapat beribadah haji adalah mereka yang memiliki kemampuan secara keuangan. Tetapi, bukan berarti orang yang berpenghasilan biasa saja atau ngepas tidak bisa naik haji, lho. Salah satu cara untuk mengumpulkan dana untuk berhaji adalah dengan  mulai melakukan investasi syariah. Berikut beberapa pilihan investasi syariah, agar kamu bisa segera naik haji.
 
Reksa Dana Syariah
Investasi syariah ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Itulah sebabnya, semakin banyak orang yang memilihnya sebagai investasi untuk mengumpulkan dana haji. Salah satu alasan mengapa reksa dana syariah menjadi pilihan investasi favorit adalah kamu bisa memulai dengan modal yang sangat terjangkau. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot mengurus sendiri pengembangan modal yang ditanamkan, karena ada Manajer Investasi yang akan mengelolanya.
 
Investasi reksa dana syariah ini cocok sekali untuk kamu yang antiribet dan belum berpengalaman dalam mengelola investasi. Tetapi, tetap saja kamu harus mempelajari segala hal tentang reksa dana syariah sebelum mulai berinvestasi, ya! Sobat Principal juga bisa membaca lebih lanjut mengenai berinvestasi di reksa dana syariah melalui link ini.
 
Emas Murni atau Logam Mulia
Emas juga bisa menjadi pilihan untuk investasi guna mengumpulkan dana haji. Emas memiliki risiko yang rendah sebagai instrumen investasi. Karenanya, kamu bisa memerhitungkan nilai yang akan diperoleh di masa depan, hingga dapat digunakan untuk naik haji. Membeli emas pun sangat mudah dan bisa dicicil, lho. Kamu bisa mendapatkan emas murni atau logam mulia secara resmi dan bersertifikat melalui ANTAM, Pegadaian, bank-bank syariah, bahkan toko emas.
 
Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi emas, mulailah dengan membeli sesuai kemampuan dan perhatikan penyimpanannya. Risiko kehilangan mungkin saja terjadi jika kamu hanya menyimpan begitu saja di rumah. Untuk itu, ada baiknya apabila kamu menyimpan emas di tempat yang benar-benar aman, seperti menyewa deposit box yang umumnya disediakan oleh bank, Pegadaian, butik emas. Jika tidak mau repot menyewa deposit box, kamu juga bisa berinvestasi emas dalam bentuk emas digital. Selain Pegadaian, beberapa e-commerce telah menyediakan layanan ini.


Deposito Syariah
Dalam berinvestasi untuk mengumpulkan dana haji, kamu juga bisa memilih deposito syariah. Secara prinsip, deposito syariah sebenarnya sama dengan menabung pada umumnya. Namun, deposito memiliki jangka waktu tertentu untuk pengambilannya. Tidak seperti tabungan yang dapat diambil kapan saja.
 
Adanya jangka waktu untuk pengambilan ini pun menjadi salah satu kelebihan dari deposito. Dengan memiliki jangka waktu tertentu untuk pengambilannya, kamu akan terdorong untuk berkomitmen bahwa dana tersebut harus tetap ditabung hingga terkumpul dan cukup untuk naik haji. Kabar baiknya, risiko deposito syariah ini juga terhitung cukup rendah.
 
Obligasi Negara Syariah atau Sukuk Ritel
Investasi lainnya yang bisa dipilih untuk mengumpulkan dana haji adalah obligasi syariah atau sukuk ritel. Obligasi disebut cukup aman karena berbentuk surat pinjaman yang dikeluarkan negara dan memberikan bagi hasil yang cukup tinggi.
 
Obligasi Negara Syariah atau Sukuk Ritel memiliki jangka waktu simpanan yang cukup lama dan tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jadi, apabila kamu tiba-tiba membutuhkan dana mendesak, investasi ini tidak bisa diandalkan. Tetapi, karena risikonya cukup rendah, banyak orang yang tetap memilih obligasi sebagai pilihan investasi dana haji. 

Nah, sekarang sudah tahu dong beragam pilihan investasi yang baik untuk membantumu mewujudkan mimpi haji muda? Yuk pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan mulai sekarang!