Diterbitkan pada 24 Mar 2021 

Sebagian dari kamu mungkin masih merasa ragu atau bahkan takut untuk melakukan investasi karena khawatir instrumen yang dipilih tidak halal. Nah, ada kabar baik buat kamu! Saat ini, telah tersedia beragam jenis investasi syariah yang dapat kamu pilih. Investasi syariah ini merupakan jenis investasi yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip islami. 

Pasar investasi syariah ini makin dilirik oleh khalayak ramai karena memang memiliki leibh banyak keuntungan. Dilansir dari investor.id, sejak 2015, jumlah investor syariah terus meningkat. Per-September 2020, jumlah investor syariah di Indonesia kini mencapai 25,2% dari total investor.

Ada banyak alasan mengapa investasi syariah makin banyak dilirik oleh masyarakat, bukan hanya karena investasi tidak memiliki praktek riba, masyir, dan gharar, dan karena investasi ini tidak terfokus pada keuntungan para investor saja, melainkan juga karena prinsipnya tidak bertentangan dengan ajaran yang berlaku dalam agama Islam. 

Berikut beberapa keuntungan yang juga bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi secara syariah.  

Investasi Halal
Pengelolaan investasi yang dilakukan oleh bank syariah akan memastikan bahwa hasil yang diperoleh diproses secara halal. Beragam unsur riba dan sejenisnya pun dipastikan tidak diterapkan dalam bank ini. Karenanya, investasi yang dilakukan oleh bank yang menjalankan prinsip-prinsip syariah tidak hanya bermanfaat di dunia, namun juga dapat dipertanggungjawabkan di akhirat. Inilah yang harus menjadi pertimbangan kamu dalam berinvestasi supaya tidak salah pilih dan malah menanggung dosa.

Aman dari Penipuan
Segala bentuk investasi yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah akan dilakukan secara transparan sehingga nasabah bisa mengetahui dan memahami semua prosedurnya. Hal inilah yang juga memastikan bahwa investasi syariah aman dan bebas dari segala bentuk penipuan. Kamu yang berencana melakukan investasi syariah pun dapat segera menyingkirkan kekhawatiran atas penipuan dan sejenisnya. Jadi, tidak heran juga kalau semakin banyak umat Islam yang memilih berinvestasi secara syariah.

Pasti Bebas Bunga dan Riba
Seperti sudah dibahas sebelumnya, investasi syariah akan membuat kamu terbebas dari unsur bunga dan riba. Hal ini pun akan membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman dalam berinvestasi. Apalagi, dalam islam juga ditegaskan bahwa bunga dan riba merupakan hal yang diharamkan. Hal-hal yang bertentangan dengan ajaran islam pastinya harus kamu hindari, karena dapat merugikan diri sendiri pada akhirnya. 

Risikonya relatif rendah 
Beragam konflik dan risiko mungkin akan muncul saat investasi dilakukan, namun itu tidak berlaku jika kamu memilih berinvestasi secara syariah. Investasi yang didasarkan pada prinsip syariah diyakini memiliki risiko yang relatif rendah. Hal ini dapat terwujud karena semua perhitungan dilakukan dengan mengedepankan unsur kekeluargaan. Kondisi tersebut tentunya akan menjauhkan risiko dan membuat kamu terhindar dari hal-hal yang berbau riba.

Mengandung Nilai Sosial
Kelebihan lain yang hanya dimiliki investasi syariah selain menguntungkan adalah dapat dijadikan sarana untuk melakukan kegiatan sosial. Hal ini tentunya tidak hanya bermanfaat bagi kamu sebagai nasabah, tetapi juga untuk orang lain di sekitar. Investasi syariah dapat berfungsi sebagai penggerak untuk meningkatkan kualitas ekonomi dengan cara mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Nilai ibadah yang sangat tinggi inilah yang membuat investasi syariah menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam di Indonesia. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi secara syariah. Untuk menemukan investasi syariah yang tepat dan sesuai, kamu bisa datang ke lembaga keuangan syariah terdekat atau memperluas pengetahuan dengan membaca beragam artikel di internet. Kamu juga bisa mencari informasi melalui orang-orang di sekitar yang sudah lebih berpengalaman dalam melakukan investasi syariah. Lebih cepat kamu memulai investasi, semakin banyak pula manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan di usia yang masih muda. Selamat berinvestasi secara syariah! 

Dapatkan panduan lengkap tentang serba-serbi ibadah haji langsung ke email kamu!

Dapatkan informasi haji terkini langsung ke email kamu.

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.