Diterbitkan pada 6 Apr 2021

Antusiasme menyambut waktu berangkat haji yang semakin dekat, sering kali membuat calon jamaah justru lupa mengemas barang-barang penting untuk dibawa ke tanah suci. Jika hal ini terjadi, Sobat Principal tentu akan sangat kerepotan, hingga dapat mengganggu kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji. Untuk itu, pastikan kamu membuat daftar apa saja yang harus dibawa ketika berhaji, ya! 

Selain kebutuhan dasar, Sobat Principal juga harus membawa perlengkapan penting yang sekiranya akan dibutuhkan di tanah suci. Masih bingung menentukan perlengkapan apa saja yang harus dibawa? Ini dia bocoran mengenai barang-barang penting yang harus dibawa oleh calon jamaah haji baik laki-laki maupun perempuan. Semoga membantu dan selamat bersiap-siap!

Dokumen dan Tiket
Paspor dan tiket merupakan barang paling penting yang harus dibawa saat berhaji. Simpan keduanya dalam tas kecil khusus, agar mudah dikeluarkan saat dibutuhkan untuk pemeriksaan. Pastikan Sobat Principal mengecek keberadaan dokumen dan tiket tersebut bahkan di menit terakhir sebelum meninggalkan rumah untuk berangkat haji. 

Sebaiknya, kamu juga membawa salinan paspor dan visa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu pun bisa memotret dokumen tersebut dan menyimpannya di handphone untuk berjaga-jaga jika hilang. Pastikan kamu mengemas pula kartu identitas dan dokumen penting lain yang dirasa akan diperlukan selama perjalanan haji. 

Alquran dan Buku Pedoman Haji
Agar tahapan ibadah haji terasa lebih mudah dan nyaman, bawalah buku pedoman haji yang Sobat Principal miliki. Baca dan pahami isi buku tersebut sebelum melakukan aktivitas tertentu. Jangan lupa juga untuk membawa Alquran dan buku doa seukuran saku, supaya mudah disimpan serta dapat dibaca di mana saja. 

Pakaian Ihram Cadangan
Memiliki cadangan selalu lebih baik dalam hal apapun, termasuk saat melakukan ibadah haji. Bawalah 2-3 set pakaian Ihram ekstra di dalam koper Sobat Principal. Pakaian ini pasti dibutuhkan selama melakukan perjalanan haji. Saat melaksanakan berbagai tahapan ibadah haji, pastikan kamu selalu menyimpan satu set pakaian Ihram ekstra di dalam tas. Ini penting sebagai antisipasi jika terjadi keadaan darurat, seperti pakaian sobek karena suatu hal dan lainnya.  

Botol Minum dan Camilan
Kegiatan ibadah haji yang sangat padat, tentunya akan membuat energi Sobat Principal terkuras. Karenanya, penting bagi kamu untuk selalu membawa botol minum dan camilan guna mengisi ulang tenaga. Tapi, pastikan camilan yang kamu bawa adalah makanan ringan yang sehat, ya! Jangan lupa juga untuk banyak minum agar tidak dehidrasi, mengingat udara di tanah suci cukup kering dan cuacanya panas.   

Perlengkapan Darurat
Membawa perlengkapan darurat juga wajib dilakukan! Siapkan tas kecil untuk mengemas obat-obatan ringan, seperti obat sakit kepala, obat diare, obat flu, minyak kayu putih, dan lainnya. Jika Sobat Principal memiliki penyakit tertentu, pastikan untuk membawa obat yang diresepkan dokter. 

Di dalam tas yang biasa dibawa untuk perjalanan, kamu juga dapat menyimpan perlengkapan darurat lain, seperti uang simpanan ekstra guna menangani kebutuhan tidak terduga. Terakhir, lengkapi isi tas dengan berbagai barang cadangan, seperti sajadah, handuk kecil, peralatan mandi, peralatan makan, dan sebagainya.

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.