5 cara punya penghasilan tambahan

Diterbitkan pada 11 Jan 2022 

Belakangan, ramai orang membahas soal The Great Resignation, gerakan yang terjadi di Amerika Serikat di mana orang-orang memutuskan untuk mengajukan resign dari tempat bekerja karena beberapa hal. Ada yang memilih untuk menjalani hidup lebih seimbang, ada yang memilih untuk mengurus keluarganya dibanding di kantor sepanjang hari (tim WFH angkat tangan!) dan ada yang memang baru berani resign karena melihat pandemi sudah berangsur-angsur hilang. 

Bicara soal resign, salah satu hal terberat yang bolak-balik menahan keinginan untuk mengirim surat pengunduran diri adalah gaji. Penghasilan rutin tiap bulan yang membantu kita bisa menghadapi berbagai tagihan dan  keinginan jajan setiap harinya. Gaji inilah yang akhirnya membuat kita terus bekerja walau rasa hati ingin berhenti. Ada yang begini?

Nah, tahukah kamu… gaji itu tidak melulu hanya bisa didapat dari pekerjaan kantoran, 9 to 5 (kadang lebih!) yang Sobat Principal kerjakan setiap hari. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa jadi pegangan, walau tidak lagi bekerja sebagai pegawai kantoran. Ini dia nih, cara-cara untuk tetap punya penghasilan walau sudah resign dari kantor!

  • Jadi Freelancer

Setelah nyaris dua tahun bekerja di rumah, makin banyak orang yang sadar bahwasanya, bekerja itu tidak harus dilakukan di satu kantor, beramai-ramai. Di rumah pun kita masih bisa bekerja sama untuk menyelesaikan proyek dan pekerjaan. Melihat ini, Sobat Principal pasti kepikiran untuk jadi full time freelancer, dengan pekerjaan yang bisa diselesaikan dari mana saja.

Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan sebagai freelancer. Biasanya, saat mereka butuh orang-orang untuk mengerjakan satu proyek dalam kurun waktu tertentu, dan ketika proyeknya usai, maka kontrak kerja juga berakhir. Kamu bisa menemukan pekerjaan-pekerjaan ini di situs pencari kerja. Kamu juga bisa “menawarkan diri” untuk menjadi seorang pekerja lepas ke networking kamu. 

  • Buka Usaha

Selain bekerja kantoran atau bekerja lepas di kantor orang, Sobat Principal juga bisa membuka usaha agar tetap punya penghasilan. Bentuk usahanya bisa bermacam-macam, mulai dari jualan fashion item terkini, mainan action figure, hingga berjualan makanan dan minuman yang kamu buat sendiri atau franchise. Semua tergantung dari keinginan dan kemampuan kamu. 

Tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga ya. Salah satunya, ruang usaha. Apakah kamu ingin menjalankan bisnis ini full online atau berniat untuk menyewa ruang untuk berjualan. Sobat Principal juga harus memikirkan, apakah kamu yang akan berjaga setiap hari menunggu dan membuat pesanan, atau akan mempekerjakan orang lain?

 

  • Jual Jasa/Skill

Punya skill yang dibutuhkan banyak orang, atau skill unik yang menarik minat orang lain? Coba buka jasa tutor atau pengajaran skill ini. Misalnya, skill bermain ukulele atau skill menari. Ada banyak situs yang akan mempertemukan kamu sebagai pemilik skill, dengan orang-orang yang berniat untuk mempelajari skill yang Sobat Principal miliki. Ingat, tetap berhati-hati sebelum memberikan data pribadi ke sembarang orang ya!

  • Membuat Konten

Ini adalah salah satu sumber penghasilan terbesar di luar kerja kantoran. Para content creator ini banyak dicari oleh merk dagang ternama untuk membantu mereka memasarkan produknya, dengan cara yang menarik dan seru. Untuk bisa jadi seorang pembuat konten berbayar tentunya tidak bisa dilakukan dalam satu malam, butuh investasi waktu dan pikiran untuk menemukan style konten yang pas dengan kebutuhan audiens digital yang berubah-ubah. Tapi jika kamu berhasil, sekali bikin konten bisa bernilai jutaan rupiah lho!

  • Berinvestasi agar Uangnya Bertumbuh

Pas untuk kamu yang memutuskan resign karena ingin menghabiskan waktu lebih dengan keluarga atau dengan hobi dan diri sendiri, tanpa perlu bekerja keras. Cobalah investasikan uangmu dan nikmati hasilnya di masa depan. Sebelum mulai berinvestasi, temukan dulu jenis investasi yang tepat dan sesuai dengan karakter risiko kamu. Salah satu yang paling  banyak dipilih adalah reksa dana syariah. Pelajari juga fundamental dari dunia saham agar kamu bisa memilih langkah yang tepat, karena investasi bukan sekadar untung rugi tapi harus punya strategi. 

Belum paham banget soal saham tapi ingin segera mencoba investasi? Coba investasi di Principal deh. Di sini, kamu bisa menemukan ragam investasi syariah yang tepat untukmu. Kamu juga akan dibantu oleh manajer investasi untuk menentukan saham mana yang harus dibeli dan dijual. Sambil kamu belajar, sambil uangmu bekerja dan kelak bisa menghasilkan walau kamu hanya santai-santai di rumah seharian.

Temukan investasi syariah yang tepat untukmu, di sini!


 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.