""

Diterbitkan pada 2 Jun 2021 

Bagi sebagian orang, menabung secara konsisten mungkin menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap bahwa menabung hanya menambah beban bagi diri sendiri. Padahal, memiliki kebiasaan menabung yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi kamu di masa depan. Berikut beberapa cara menabung yang mudah dan ringan, supaya kamu dapat melakukannya secara konsisten tetapi tanpa merasa terbebani. 

Fokus di 20 Ribu
Dilansir melalui Line Today, tips menabung 20 ribu ini dipopulerkan oleh motivator bernama Ippho Santosa. Ia memberikan tips menabung yang unik namun efektif, yaitu dengan menyiapkan celengan dan menabung semua uang 20 ribu yang kamu miliki ke dalamnya. Contohnya, kamu habis belanja dan memiliki kembalian 2 lembar uang 20 ribu, kamu pun harus memasukkan semuanya ke dalam celengan tersebut. Hal itu juga berlaku jika kamu menemukan uang 20 ribu di dompet, tas, atau saku celana.  Jika dalam sehari saja kamu menabung 2 lembar uang 20 ribu, maka dalam seminggu kamu sudah mengumpulkan uang Rp280,000 dan dalam satu bulan, kamu sudah punya tabungan sejumlah Rp1,120,000!

Terapkan Sistem Tanggal
Kamu harus memahami bahwa menabung bukanlah mengumpulkan uang yang tersisa, namun menyisihkan sebelum menggunakannya. Agar menabung menjadi semakin seru dan efektif, kamu bisa menggunakan sistem tanggal. Contohnya, dalam 1 bulan ada 30 hari. Jadi, pada tanggal 1, kamu bisa menabung sebesar 30 ribu, tanggal 2 sebesar 29 ribu, dan seterusnya. Apabila kamu melakukannya secara konsisten, maka dalam 1 bulan, kamu akan mengumpulkan uang sebesar 465 ribu. Kamu jika memodifikasi besaran uang yang mau ditabung pada setiap tanggalnya sesuai dengan kemampuan. 

Mulai dari Recehan
Kamu pasti tidak asing dengan pepatah, ‘sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’. Hal ini juga berlaku saat Sobat Principal menabung uang receh, lho. Jangan remehkan kekuatan uang receh ini! Sediakan celengan yang berukuran cukup besar dan mulailah menabung semua uang receh yang kamu temukan setiap harinya. Dilansir dari detik.com, ada seorang petani di Majalengka yang telah berhasil membeli mobil setelah menabung recehan secara konsisten selama 7 tahun. Wow! 

Tabung Uang Kertas Terkecil
Ini juga bisa mencari cara seru dan unik lainnya untuk menabung. Caranya, cukup cek isi dompet kamu setiap hari, temukan uang kertas dengan nominal terkecil di dalamnya, dan masukkan ke dalam celengan. Sebaiknya, kamu juga menentukan pada jam berapa kamu akan mengecek dompet dan menabung uang di celengan setiap harinya. Hal ini penting supaya kamu jadi terbiasa dan dapat melakukannya secara konsisten. Misalnya, setiap hari kamu sampai rumah jam 8 malam. Sebelum melakukan kegiatan apapun, kamu harus mengecek isi dompet dan mengambil nominal terkecil di dalamnya, lalu menabungkannya.

Tentukan Anggaran dan Gunakan Autodebit
Menabung secara efektif juga bisa dilakukan dengan memiliki tujuan yang jelas dan menetapkan besar anggaran yang ingin disimpan setiap bulannya. Contohnya, kamu menabung karena dalam 3 tahun ingin membeli mobil atau berencana memiliki simpanan dalam jumlah tertentu dalam 5 tahun ke depan. Segera tentukan anggaran yang ingin kamu tabung setiap bulannya dan gunakan autodebit ke rekening tabungan kamu. Dengan begitu, secara otomatis kamu akan terdorong untuk lebih konsisten dan disiplin dalam menabung.


Menabung dan Investasi, Apa Bedanya?
Selain di bank konvensional, kamu juga bisa menginvestasikan uangmu lewat beragam instrumen investasi yang sesuai kebutuhan. Sedikit berbeda dari tabungan biasa, ketika Sobat Principal menginvestasikan uang, maka uangmu akan terus bertumbuh dan hasilnya akan lebih besar dibanding tabungan biasa yang hanya mengandalkan bunga bank. Tapi, tentu saja, sebelum memilih instrumen investasi yang tepat, Sobat Principal harus kenal dulu, investasi mana yang cocok untuk menabung dan sesuai dengan goals tabungan tersebut. 

Selamat menabung, Sobat Principal! 

Dapatkan panduan lengkap tentang serba-serbi ibadah haji langsung ke email kamu!

Dapatkan informasi haji terkini langsung ke email kamu.

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.