Naik Haji Bila Mampu, Kenali Empat Kemampuan Dalam Berhaji

Diterbitkan pada 13 Jan 2022

Menjalankan ibadah haji tentunya menjadi impian bagi setiap umat muslim. Namun, ada banyak persiapan yang harus dilakukan, agar kamu bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan nikmat. Menunaikan ibadah haji juga sangat disarankan dijalankan di usia muda, agar kondisi fisik Sobat Principal masih prima. Dengan begitu, rangkaian ibadah haji yang cukup padat pun dapat dijalankan dengan baik tanpa ada kendala kesehatan yang berarti. Dilansir dari situs kemenag.go.id, ada 4 kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh jamaah calon haji muda. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Kemampuan Jasmani
Ini merupakan kemampuan paling utama yang harus kamu miliki jika ingin menunaikan ibadah haji. Padatnya rangkaian ibadah haji dan kondisi cuaca di Mekah yang sangat panas sangat mungkin membuat kondisi fisik menurun. Karenannya, berbagai persiapan fisik pun harus dilakukan supaya kamu bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik. Rutinlah berolahraga setidaknya 6 bulan sebelum menjalankan ibadah haji. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jogging atau bersepeda. Konsumsi suplemen yang dapat menambah vitalitas tubuh kamu. Jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan secara menyeluruh dan dapatkan vaksin yang dibutuhkan, seperti influenza dan meningitis. Selain itu, pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi saat akan melakukan ibadah haji untuk berjaga-jaga jika kondisi fisik menurun.

Kemampuan Rohani
Selain fisik, Sobat Principal juga wajib memiliki kemampuan rohani jika ingin melaksanakan ibadah haji. Tidak hanya iman dan spiritual saja, namun kesiapan batin juga harus sangat ditingkatkan. Siapkanlah hati dan pikiran yang jernih sebelum menunaikan ibadah haji. Perbanyak beribadah dan melakukan hal-hal baik kepada orang-orang yang ada di sekitar. Jaga tutur kata dan perbuatan agar tidak menyakiti orang lain. Percaya atau tidak, perbuatan kurang baik yang dilakukan dapat berbalik kepada kita saat berada di tanah suci, lho. Untuk itu, pastikan kamu sudah memiliki kemampuan rohani yang baik sebelum memutuskan untuk berangkat haji.

Kemampuan Ekonomi
Berhajilah bagi yang mampu! Kamu pasti sudah sering mendengar kalimat ini. Kemampuan di sini juga termasuk dalam hal ekonomi. Kabar baiknya, saat ini banyak cara yang sudah bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan dana haji. Selain membuka tabungan haji, kamu bisa mulai berinvestasi untuk mengumpulkan dana haji, agar bisa berangkat di usia yang masih muda dan sehat. Principal pun saat ini sudah memiliki aplikasi Haji Muda. Kamu bisa mendapatkan beragam informasi mengenai haji di dalamnya, termasuk cara melakukan investasi reksa dana syariah untuk mengumpulkan dana haji. Proses investasinya sangat mudah dan dananya dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu. Langsung saja download aplikasinya di Appstore atau Playstore, ya!

Kemampuan Keamanan
Saat kamu melaksanakan ibadah haji, Kementerian Agama dan Penyelengggara Haji dan Umrah bekerja sama dengan TNI/Polri memang menjamin akan menjaga keamanan dan kenyamanan semua calon jamaah haji Indonesia yang berangkat ke tanah suci. Namun, keamanan tersebut juga menjadi tanggung jawab kamu sendiri. Pastikan kamu selalu waspada di manapun berada! Selalu bawa dokumen-dokumen penting dalam satu tas khusus, agar mudah didapatkan jika diperlukan. Pastikan kamu juga selalu bersama dengan rombongan untuk memudahkan koordinasi dengan penyelenggara haji saat berada di Mekah. Hilangkan sikap egois yang membuat kamu lupa diri, seperti memisahkan diri dari rombongan, sehingga mengganggu jadwal ibadah yang sudah ditetapkan.
 
 


 

Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.